PENGARUH KOMPETENSI DOSEN DAN KUALIFIKASI AKADEMIK TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA (STUDI KASUS : POLITEKNIK LP3I MEDAN)

Mayang Murni, Muhammad Imaduddin, Lily Karlina Nasution

Sari


Dalam upaya meningkatkan dan menghasilkan sumber daya manusia yang sesuai dengna tujuan pendidikan nasional, tidak terlepas dari kinerja seluruh tenaga pengajar sebagai inti dari proses belajar mengajar. Dosen adalah pemeran utama dan titik kunci dalam keseluruhan proses pendidikan terutama di perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Dosen dan Kualifikasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Politeknik LP3I Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada kampus Politeknik LP3I Medan, dengan responden 45 Dosen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil pada penelitian ini diketahui secara parsial variabel Kompetensi Dosen (X1) dan Kualifikasi Akademik (X2) berpegaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (Y) Politeknik LP3I Medan. Dan secara simultan, variabel Kompetensi Dosen (X1), dan Kualifikasi Akademik (X2) berpengaruh signfikan terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (Y) Politeknik LP3I Medan. Dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 dan nilai F sebesar 779,801.

Keyword : Kompetensi Dosen, Kualifikasi Akademik, Hasil Belajar

Kata Kunci


Kompetensi Dosen, Kualifikasi Akademik, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. 2005. Peraturan Pemerintah

Anonim. 2005. UU Republik Indonesia

Efriza, D., & Idris, I. (2016). PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PERBANKAN DI KOTA MEDAN. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 5(2), 49-53.

Fauzi, Anis dan Duriyat. 2018. Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah, Al Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian-ISSN: 1978-9726 (p); 2541-0717 (e), pp. 34-47, 2018.

Fitra, N., & Akmal, A. (2018). Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Politeknik LP3I medan. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 4(1), 01-07.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar.Jakarta; Bumi Aksara

Irwanto, I., Wahyudi, D., & Fitra, N. (2016). HUBUNGAN PREFERENSI GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORI DAN KINESTETIK DENGAN PRESTASI MAHASISWA PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS POLITEKNIK LP3I MEDAN. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 5(1), 69-88.

Renol Hs, Sahat. 2015. Pengaruh Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA N 17 Medan, in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. Surakarta

Robbins, Stephen. 2008. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta

Sundara, Komang. 2013. Kontribusi Kompetensi Profesional dan Kinerja Dosen Terhadap IPK Mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram TA 2012/2013. GaneÇ Swara Vol. 7 No.2 September 2013, pp. 79-84, 2013.

Sundara, Komang. 2013. Kontribusi Kompetensi Profesional dan Kinerja Dosen Terhadap IPK Mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram TA 2012/2013. GaneÇ Swara Vol. 7 No.2 September 2013, pp. 79-84, 2013.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Warman, Budi. 2015. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan AKuntansi di SMKN 1 Jamb. Jakarta

Yuliani, Hana. 2010. Hubungan Antara Pengalaman Mengajar Dan Motivasi Mengajar Dengan Kompetensi Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Pertama diKabupaten Karanganyar. Surakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeks Google Scholar