ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA PENGGUNA KARTU PRABAYAR DI KOTA MEDAN

Farida Farida

Sari


Banyak produk yang bersaing dalam memperebutkan loyalitas konsumen. Salah satu produk yang saat ini bersaing cukup ketat untuk memenangkan pasar adalah produk kartu prabayar. Oleh karena itu, operator (provider) sebagai penyedia jasa komunikasi, dan setiap produsen berlomba untuk memenangkan persaingan. Kartu Prabayar XL selaku salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa operator telekomunikasi serta dalam persaingan ini. Dan senantiasa melakukan penawaran-penawaran yang menarik minat dan perhatian pengguna dalam hal memuaskan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan mahasiswa dalam memakai kartu prabayar XL serta mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa, sehingga dapat menjadi masukkan bagi perusahaan dalam meningkatkan kinerja perusahaan guna mencapai tingkat kepuasan konsumen yang lebih baik lagi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner pada 33 responden, dan seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik analisis data menggunakan rata-rata (mean). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Politeknik LP3I Medan puas menggunakan kartu prabayar XL, hal ini ditunjukkan dengan nilai mean sebesar 3,594.

Kata Kunci


Kepuasan Mahasiswa, Kartu Prabayar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


________ 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Edisi Baru, Bandung : CV. Alfabeta

Bungin, B. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Edisi Pertama, Cetakan ke-5, Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Efriza, D., & Idris, I. (2016). PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PERBANKAN DI KOTA MEDAN. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 5(2), 49-53.

Erlina. 2011. Metode Penelitian, Cetakan Pertama, Medan : Art Design, Publishing & Printing Gedung F, Pusat Informasi (PSI).

Fitra, N., & Akmal, A. (2018). Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Politeknik LP3I medan. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 4(1), 01-07.

Hardiyatih, R. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayan terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan (Vila) Agrowisata Kebun Teh Pagilaran. Semarang: Universitas Diponegoro.

Herrhyanto, N. & Hamid, H. M. A. 2007. Statistika Dasar, Cetakan ke lima belas, Jakarta : Penerbit Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional

Idris, I. (2014). Cost Benefit Analysis untuk kelayakan investasi Sistem Informasi Terintegrasi pada Perguruan Tinggi Swasta (studi kasus Politeknik LP3I Medan). In PROSIDING Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi Informasi (pp. 206-209).

Idris, I., Hanum, Z., & Wahyudi, D. (2018). ANALISIS EKUITAS MEREK PONSEL SAMSUNG SEBAGAI USULAN UNTUK MEMBIDIK SEGMENTASI BARU DI KOTA MEDAN. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 4(2), 75-78.

Kotler, P. & Keller, K. L. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta Erlangga.

Kristianto, P. L. 2011. Psikologi Pemasaran. Yogyakarta: Caps

Rusiadi, Subiantoro, N., Hidayat, R. 2017. Metode Penelitian – Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS, Eview, Amos, Lisrel. Cetakan ke-5. Medan : USU Press

Sihombing, I. K., & Sumantri, B. (2014). ANALISIS MOTIVASI MAHASISWA DALAM BERWIRAUSAHA PADA POLITEKNIK LP3I MEDAN. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 3(2), 56-66.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis, Cetakan ke 14, Bandung : CV. Alfabeta

Tjiptono, F. 2012. Service Management. Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, H. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Cetakan Ke Dua Belas. Jakarta; PT. Raja Grafindo Persada

Zulkarnain. 2012. Ilmu Menjual: Pendekatan Teoritis dan Kecakapan Menjual.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeks Google Scholar