Analisis Strategi Pemasaran Berbasis Marketing Mix Dan SWOT Analysis Pada Usaha Pengeringan Asam Gelugur Di Tanjung Pura Kabupaten Langkat

Ika Sari Dewi, iwan kesuma Sihombing, Mohd Ideal Kurniawan, Khairunnisa Khairunnisa

Sari


Strategi pemasaran pada dasarnya adalah rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu dibidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu wirausaha. Kewirausahaan merupakan wujud aktivitas dari orang-orang yang mampu menjawab tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada, dan membawa visi dalam kehidupan. Usaha pengeringan asam gelugur adalah usaha yang sudah tidak asing lagi di kecamatan Tanjung Pura. Awal dibentuknya usaha ini dikarenakan peluang usaha asam gelugur yang tidak pernah surut akan permintaan pasar dan juga banyaknya sumber daya alam asam gelugur yang ada di tanjung pura. Akan tetapi ketika kita melihat bagaimana proses pekerjaan dari pemotongan hingga penjualan/pemasaran, maka terdapat beberapa hal yang tidak sinergi dalam pelaksanaanya, dan kekurangan yang mendasar di beberapa bidang sehingga strategi dalam meningkatkan penjualan dan pendapatan usaha tidak tercapai sesuai target. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, mengetahui bagaimana bauran pemasaran pada usaha pengeringan asam gelugur dan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat dalam meningkatkan penjualan pada usaha pengeringan asam gelugur di Tanjung Pura, Kabupaten Langkat. Adapun yang menjadi urgensi dalam penelitian ini adalah segala sesuatu yang merupakan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada usaha pengeringan asam gelugur. Spesifikasi khusus dalam penelitian ini adalah analisis lingkungan organisasi dikaitkan terhadap bauran pemasaran yang telah dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT sehingga diketahui strategi terbaik untuk pemasaran asam gelugur dan juga bagi pemilik usaha. Penelitian ini dilaksanakan di Tanjung Pura, Kabupaten Langkat. Penulis memulai penelitian ini dari bulan januari sampai agustus 2019, yang bergerak pada bidang pengeringan asam gelugur. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode ini dilakukan dengan analisis SWOT dengan menganalisa lingkungan internal dan eksternal, menghitung persentasi terhadap faktor strategi internal dan eksternal UKM, mencari alternatif strategi dengan matrik SWOT, menentukan strategi berdasarkan matrik QSPM dan dilanjutkan dengan pembahasan setiap hasil analisa penelitian. Hasil penelitian menunjukkan peringkat strategi pemasaran berdasarkan QSPM yaitu memperluas pangsa pasar dengan nilai TAS 7.367, menetapkan strategi harga pasar dengan nilai 7.319, meningkatkan teknologi dengan nilai 6.723, mempertahankan kualitas layanan dengan nilai 6.303, memperkuat modal melalui bekerja sama dengan orang penerima produk dengan nilai 6.189, meningkatkan kualitas produk dengan nilai TAS 6,101, meningkatkan kreatifitas SDM dengan nilai 6,092, meningkatkan promosi dengan nilai 5,815, memperbaiki system manajemen dengan nilai 5,764.

Kata Kunci


Strategi Pemasaran, Marketing Mix, SWOT, Usaha Pengeringan Asam Gelugur

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afrilita, Nur. "Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor Pada PT. Samekarindo Indah Di Samarinda." eJournal Administrasi Bisnis 1, no. 1 (2013): 56-70.

Akmal, A., & Lubis, M. H. (2018). STRATEGI PROMOSI PADA POLITEKNIK LP3I MEDAN. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 3(2), 1-9.

Assauri, Sofyan. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Fahmi, Irham. Manajemen Strategis. Bandung: Alfabeta, 2013.

Fred, R David. Manajemen Strategis Konsep. Jakarta: Salemba Empat, 2009.

HM, Rahmayati. "Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Udang Beku PT. Mustika Mina Nusa Aurora Tarakan, Kalimantan Utara." Jurnal Galung Tropika 4, no. 1 (2015): 60-67.

Hubeis, Musa, and Muhammad Najib. Manajemen Strategik. Jakarta: PT. Elex Media, 2014.

Idris, I., Hanum, Z., & Wahyudi, D. (2018). ANALISIS EKUITAS MEREK PONSEL SAMSUNG SEBAGAI USULAN UNTUK MEMBIDIK SEGMENTASI BARU DI KOTA MEDAN. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 4(2), 75-78.

Irwanto, I. (2015). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PT. DANAREKSA SECURITAS CABANG MEDAN UNTUK MASYARAKAT BERINVESTASI. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 4(1), 73-85.

Januarwati, Rita, and Eddy Poernomo. "Analisis Strategi Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Toko Bunga “Cindy” Surabaya." Jurnal Bisnis Indonesia 5, no. 2 (2014): 155-164.

Kristanto, Jajat. Manajemen Pemasaran Internasional. Jakarta: Erlangga, 2011.

Nuary, Nizar Sapta. "Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Analisis SWOT Pada PT. Super Sukses Motor Banjarmasin." Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis 2, no. 1 (2016): 30 - 42.

Rangkuti , Freddy. Analisis SWOT, Teknik Membelah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2015.

Ranita, S. V., & Hanum, Z. (2018). REVENUE COST DAN ANALISIS SWOT DALAM PENGEMBANGAN USAHA. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 5(2), 14-19.

Redaksi, Tim. UNDANG-UNDANG RI NO 20 TAHUN 2008 TENTANG USAHA, MIKRO KECIL, DAN MENENGAH. Bandung: Citra Umbara, 2016.

Rohmat. Manajemen Kepemimpinan Internasional. Yogyakarta: Cipta Media Perkasa, 2015.

Sihombing, Iwan Kesuma, and Bambang Sumantri. "Analisis Motivasi Mahasiswa Dalam Berwirausaha Pada Politeknik LP3I Medan." Bisnis Administrasi (LPPM Politeknik LP3I Medan) 03, no. 02 (2014): 56-66.

Suhartini. "Analisa SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Pemasaran Pada Perusahaan X." MATRIK Teknik Industri Universitas Muhammdiyah Gresik XII, no. 2 (2012).

Supriyanto, S., Idris, I., Sari, R. A., & Ritonga, M. M. (2019). SWOT Analysis as Strategy to Improve Competitiveness of Durian Pancake Medium Enterprises. OSF Preprints. March, 1.Yusuf, Syahrial. Entrepreneurship, Teori dan Praktik Kewirausahaan Yang Telah Terbukti. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia, 2010.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeks Google Scholar