UPAYA PENINGKATAN KUALITAS INDUSTRI PAKAIAN DI KOTA MEDAN DENGAN METODE TEORIYA RESHENIYA IZOBRETATELSKIKH ZADATCH (TRIZ)& QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

DWINA NASUTION, M. AULI RAHMAN, FAHMI SULAIMAN

Sari


Perkembangan teknologi dan industri membawa dampak bagi kehidupan manusia terutama dunia usaha pada saat ini.disamping itu banyaknya usaha yang bermunculan baik perusahaan kecil maupun besar berdampak pada persaingan yang ketat antara perusahaan baik yang sejenis maupun yang tidak sejenis.oleh karena itu pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam menghadapi persaingan,pengembangan usaha dan untuk mendapatkan laba, sehingga perusahaan dapat mengembangkan produknya,menetapkan harga,mengadakan promosi dan mendistribusikan barang dengan efektif.perusahaan juga harus dapat memantau para konsumennya, termasuk perilaku konsumen untuk mendapatkan atau memilih produk. Menurut Supranto dan Limakrisan ( 2011;3 ), perilaku konsumen merupakan tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan,menggunakan ( memakai, mengkonsumsi ) dan menghabiskan produk ( barang atau jasa ), perilaku dan lingkungannya dimana manusia melakukan kegiatan pertukaran dalam hidup mereka. Suharno (2010;96) mengemukakan bahwa keputusan pembelian adalah tahap dimana pembeli telah menentukan pilihannya dan melakukan pembelian produk, serta mengkonsumsinya. Pengambilan keputusan oleh konsumen untuk melakukan pembelian suatu produk diawali oleh adanya kesadaran atas kebutuhan dan keinginan. Selanjutnya jika sudah disadari adanya kebutUhan dan keinginan, maka konsumen akan mencari informasi mengenai keberadaan produk yang diinginkan. Dengan banyaknya produk yang ada di pasaran mendorong perusahaan bersaing mendapatkan calon konsumen melalui strategi yang tepat, misalnya mengubah kemasan,warna,aroma,rasa dan harga sesuai dengan UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 7 TAHUN 2014 TENTANG PERDAGANGAN. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kualitas industri pakaian di Indonesia khususnya Kota Medan melalui metode Quality Function Deployment dan Teoriya Resheniya Izobretatelskikh Zadatch (TRIZ).

Kata Kunci


Perilaku konsumen, keputusan pembelian, perdagangan, produk dalam negeri, QFD, TRIZ

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, Thamrin Dan Tantri, Francis, 2012, Manajemen Pemasaran, Cetakan Pertama, Penerbit PT. Raja Grapindo Persada, Jakarta.

Affandi, Rizki, 2010, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembeli Produk Mie Instan Sedaap Pada Mahasiswa Universitas Sumatera Utara, Medan.

Anwar, Andri, Anis, 2013, Pengaruh Kebijakan Penagihan System Reminding Call Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Pada PT. Telkom Area KTI, Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin, Makasar.

Cohen, L. 1995. Quality Function Deployment : How To Make QFD Work For You. Singapore: Addison-Wesley Publishing Company Desiawan. Victor. 2010. Aplikasi Quality Function Deployment Dengan Mengadopsi Penggabungan Service Quality dan Kano Model Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan Pada Brngkel Resmi ATPM. Tesis. Teknik Industri Universitas Indonesia

Dini, Farah, 2014, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembeli Smartphone Blackberry Pada Mahasiswa Politeknik LP3I Medan, Tugas Akhir Prodi Administrasi Bisnis LP3I, Medan.

Sangadji, Mamang Dan Sopiah, 2013, Perilaku Konsumen, Cetakan Pertama, Penerbit C.V Andi Offset, Yogyakarta.

Sugiono, 2012, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Cetakan Ke-15, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sulaiman. Fahmi .2012. Aplikasi Quality Function Deployment dan TRIZ Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus : SMP An-Nizam Medan).

Medan. Skripsi Supranto, Dan Limakrisan, Nanda, 2011, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Cetakan Kedua, Penerbit Mitra Wacana Media, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeks Google Scholar