IMPLEMENTASI QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) DALAM MERENCANAKAN STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MINUMAN HAPPY BUBBLE DRINK DI KOTA BINJAI

Siska Hasibuan, Farida Amela

Sari


Berkembangnya ekonomi masyarakat ditandai dengan munculnya munculnya pedagang yang menjual berbagai macam jenis makanan minuman. Pembeli bebas menentukan pilihan sesuai selera mereka masing-masing. Salah satu jenis usaha dagangan minuman yang mulai berkembang di kota Binjai adalah “es bubble”. Jenis minuman yang masih terbilang baru di kota Binjai ini mulai bermunculan. Salah satu merek dagangnya adalah “Happy Bubble Drink”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti, mengkaji dan mengimplementasikan strategi pemsaran pada usaha minuman Happy Bubble Drink menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix QSPM. Metode analisis data menggunakan metode kuantitatif dan teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan metode QSPM terdapat 8 (delapan) strategi yang dapat digunakan pemilik usaha minuman Happy Bubble Drink antara lain memperluas pangsa pasar, memperkuat kerjasama dengan pemilik lokasi yang strategis, mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan dan produk, menetapkan strategi harga untuk menghadapi persaingan, meningkatkan kreatifitas, meningkatkan promosi, memperbaiki manajemen penjualan serta memanfaatkan teknologi dalam penjualan produk

Kata Kunci


Implementasi QSPM, strategi pemasaran minuman

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aulia, G. R. 2012. Analisis Nilai Tambah Dan Strategi Pemasaran Usaha Industri Tahu Di Kota Medan. http://www.balitbang.pemkomedan.go.id

Beutari, D. R., & Laelisneni, L. (2018). ANALISIS PENETAPAN HARGA JUAL DALAM PERENCANAAN LABA PADA HOME INDUSTRI TEMPE SETIA BUDI MEDAN. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 6(1), 52-60.

Hanum, Z., & Hidayat, S. (2017). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Sepatu Merek Nike Di Kota Medan. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 6(1), 37-43.

Hidayati, A., & Kurnia, P. R. 2017. Strategi Pemasaran Produk Pepaya Sunfresh Jenis California Grading B Dan C Di Pasar Tradisional Kawasan Jabotabek 2012-2014. Journal of Management and Business Review, 9(1). www.ppm-school.ac.id

Hubeis, M. & Najib, M. 2014. Manajemen Strategik, Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Idris, I., Hanum, Z., & Wahyudi, D. (2018). ANALISIS EKUITAS MEREK PONSEL SAMSUNG SEBAGAI USULAN UNTUK MEMBIDIK SEGMENTASI BARU DI KOTA MEDAN. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 4(2), 75-78.

Idris, I., Hasibuan, H., Efriza, D., & Sari, R. A. (2017). Ibm Peningkatan Produktivitas Kelompok USAha Roti “Nenot-nenot” Kelurahan Suka Ramai Medan. Jurnal Teknovasi: Jurnal Teknik dan Inovasi, 4(1), 51-58.

Irwanto, I. (2015). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PT. DANAREKSA SECURITAS CABANG MEDAN UNTUK MASYARAKAT BERINVESTASI. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 4(1), 73-85.

Ningrum, L. T., Dania, W. A., & Putri, S. A. 2014. Perencanaan Strategi Pengembangan Perusahaan Menggunakan Metode Quantitative Strategy Planning Matrix (QSPM) Studi Kasus KUD DAU Malang, Jawa Timur. www.jimfeb.ub.ac.id

Novebria, M. R. 2017. Analisis Strategi Pemasaran Dan Posisi Produk Pada Perusahaan Multi Level Marketing (MLM) Dengan Metode SWOT Di Kota Surabaya (Study Kasus Terhadap Produk Nano Spray Pada PT. Millionaire Club Indonesia). Branchmarck, 3(1). www.ubhara.ac.id

Rangkuti, F. 2014. Analisis SWOT, Cetakan kedelapan belas, Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama

Ranita, S. V., & Hanum, Z. (2018). REVENUE COST DAN ANALISIS SWOT DALAM PENGEMBANGAN USAHA. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 5(2), 14-19.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Edisi Baru, Bandung : CV. Alfabeta

Sunyoto, D. 2015. Strategi Pemasaran : Konsep Memenangkan Persaingan Bisnis Dan Menakar Keberhasilan Strategi Menarik Konsumen, Cetakan 1, Yogyakarta: CAPS

Supriyanto, S., Idris, I., Sari, R. A., & Ritonga, M. M. (2019). SWOT Analysis as Strategy to Improve Competitiveness of Durian Pancake Medium Enterprises. OSF Preprints. March, 1.

Wahyudi, D., & Aruan, R. T. (2013). ANALISIS PERSONAL SELLING PADA PT. PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE MEDAN. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 2(2), 21-29.

Wahyudi, D., & Prawita, S. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Memilih Sepeda Motor Harley Davidson. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeks Google Scholar