Analisis Dampak Revitalisasi Pasar Tradisional Terhadap Persepsi Konsumen Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Dan Kepuasan Konsumen Di Kota Medan

Iwan Kesuma Sihombing, Ika Sari Dewi, Khairunnisa Al Madany

Sari


Program revitalisasi pada pasar tradisional dilaksanakan dengan memegang 4 (empat) prinsip, yakni kondisi dari fisik pasar, sistem manajerial, sosial, budaya, dan ekonomi. Pandangan umum, hampir seluruh kawasan pasar tradisional minim terhadap pengaturan manajemen pasar yang baik. Sebelum revitalisasi dimplementasikan banyak masyarakat mengeluh dengan keadaan pasar tidak nyaman, kurang tertibnya pedagang dalam berdagang dan bertransaksi, saluran air kotor yang tidak memiliki standar, serta kondisi toilet umum yang tidak layak. Setelah diadakan program revitalisasi pasar tradisional terjadi perubahan bahwa minat beli konsumen semakin meningkat, konsumen merasa puas dengan keadaan pasar tradisional baik terkait dengan lingkungan, area parkir, toilet, kualitas pada produk juga pelayanan yang diberikan pedagang. Tujuan penelitian ini mengetahui perbandingan perbedaan persepsi konsumen sebelum dan sesudah revitalisasi pada pasar tradisional, mengetahui pengaruh persepsi konsumen terhadap minat beli konsumen sebagai dampak revitalisasi pasar tradisional di Kota Medan, juga untuk menganalisis bagaimana perbandingan kepuasan konsumen pada setiap pasar tradisional sebagai dampak dari revitalisasi pasar tradisional Pasar Sei Kambing, Kampung Lalang, dan Pasar Suka Ramai di Kota Medan. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling area. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Sei Sikambing B, Kelurahan Suka Ramai II, Kelurahan Lalang Kota Medan khususnya yang pernah berbelanja lebih dari 1 x dan berusia 18 – 60 tahun. Sampel yang digunakan sebanyak 280 orang dengan rincian 98 orang pasar Sei kambing, 90 orang Pasar Kp. Lalang, dan 92 orang Pasar Suka Ramai. Tipe penelitian ini metode deskriptif kuantitatif dengan tahapan penelitian melakukan uji normalitas dan validitas data, menguji persepsi konsumen sebelum dan sesudah revitalisasi dengan uji T Paired, mengetahui pengaruh persepsi konsumen terhadap minat beli konsumen dengan uji regresi sederhana, dan untuk menganalisis perbandingan kepuasan konsumen pada setiap pasar tradisional dengan metode metode Importance Performance Analysis (IPA) yakni dengan gap atau kesenjangan/tingkat kesesuaian antara tingkat kepuasan (kinerja) dan tingkat persepsi (harapan). Berdasarkan hasil penelitian perbedaan persepsi konsumen sebelum dan sesudah revitalisasi pada 3 pasar tradisional menunjukkan bahwa rata-rata tertinggi persepsi konsumen sebelum revitalisasi adalah pada pasar Sei Kambing Medan dengan nilai 49,8. Sedangkan untuk rata-rata tertinggi persepsi konsumen setelah revitalisasi adalah pada pasar Kp. Lalang Medan dengan nilai 66,53. Untuk hasil regresi persepsi konsumen terhadap minat beli konsumen sebagai dampak dari revitalisasi yang terbesar adalah pada pasar Kp. Lalang Medan dengan 0.85 % jika persepsi konsumen naik 1%. Sedangkan untuk pasar Sei Kambing Medan sebesar 0,346 % dan pasar Suka Ramai sebesar 0.285%. Sedangkan hasil kuadran Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan bahwa kuadran I yang harus diperbaiki adalah pada pasar Sei kambing dengan atribut 7, 9, dan 12. Sedangkan pada kuadran III yang harus diperbaiki adalah pada Pasar Sei Kambing pada atribut 4, 5, 6, 8, 10, 11, 14, Pasar Kampung Lalang pada atribut 5, 6, 7, 10, 11, dan Pasar Suka Ramai Medan pada atribut 2, 3, 10, dan 11.

Kata Kunci


Revitalisasi, Pasar Tradisional, Persepsi Konsumen, Minat Beli, Kepuasan Konsumen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aryanni, A., Idris, I., & Sari, R. A. (2016). PENINGKATAN DAYA SAING PERUSAHAAN TERHADAP KOMPETITOR MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 5(2), 53-59.

Azizah, Siti Nur. "Analisis Dampak Program Revitalisasi Pasar Tradisional Di Pasar Tumenggungan Terhadap Pendapatan Pedagang Dan Evaluasi Manajemen Tata Kelola Pedagang Pasar Tumenggungan Pasca Program Revitalisasi Menurut Persepsi Pedagang." Fokus Bisnis, Vol. 15, 2016.

Dewi, Putri Tunggal. "Efektivitas Kebijakan Revitalisasi Pasar Tradisional Srago Kabupaten Klaten Terhadap Kesejahteraan Pedagang." 2018: e-jurnal Universitas Islam Indonesia.

Fahmi, I. "Perilaku Konsumen Teori dan Aplikasi." Bandung: CV.ALFABETA, 2016.

Farida, F. (2018). ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA PENGGUNA KARTU PRABAYAR DI KOTA MEDAN. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 7(2), 14-21.

Fitra, N., & Akmal, A. (2018). Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Politeknik LP3I medan. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 4(1), 01-07.

Fandy, Tjiptono. "Pemasaran Jasa." Malang: Bayumedia, 2011.

Ferdinand, Augusty. "Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi." Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2009.

Idris, I. (2014). Cost Benefit Analysis untuk kelayakan investasi Sistem Informasi Terintegrasi pada Perguruan Tinggi Swasta (studi kasus Politeknik LP3I Medan). In PROSIDING Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi Informasi (pp. 206-209).

Idris, I., Hanum, Z., & Wahyudi, D. (2018). ANALISIS EKUITAS MEREK PONSEL SAMSUNG SEBAGAI USULAN UNTUK MEMBIDIK SEGMENTASI BARU DI KOTA MEDAN. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 4(2), 75-78.

Juliarta, I Made Guna, and Ida Bagus Darsana. "Analisis Efektivitas Revitalisasi Pasar Tradisional dan Dampaknya, Terhadap Pengelolaan Pasar, Jumlah Pengunjung dan Pendapatan Pedagang." E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, Vol. 5, 2015.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc, (2016.

Kotler, Philip, and Gary Armstrong. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Airlangga, 2014.

Nikmah, Rohmatun, Ach. Qosjim, and M. Adenan. "Dampak Revitalisasi Pasar Tradisional Asembagus Terhadap Pendapatan Pedagang dan Kepuasan Konsumen di Pasar Asembagus Kabupaten Situbondo." Jurnal-Universitas Negeri Jember, 2015.

Planning, Urban Regional. https://mediaurbanplanner.wordpress.com. 2018. https://mediaurbanplanner.wordpress.com/2018/03/25/pengertian-revitalisasi/ (accessed Agustus Jum'at, 2018).

Pradipta, A. A. Gede Prathiwa, and I Gusti Putu Nata Wirawan. "Pengaruh Revitalisasi Pasar Tradisional Dan Sumber Daya Pedagang Terhadap Kinerja Pedagang Pasar Di Kota Denpasar." E-Jurnal Ekonomi Pembangunan universitas Udayana, Vol. 5, 2016.

Priansa, J. "Perilaku konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer." Bandung: CV. ALFABETA, 2017.

Setiadi, Nugroho. "Perilaku Konsumen." Jakarta: PT Karisma Putra Utama, 2013.

Sihombing, I. K., & Sumantri, B. (2014). ANALISIS MOTIVASI MAHASISWA DALAM BERWIRAUSAHA PADA POLITEKNIK LP3I MEDAN. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 3(2), 56-66.

Sudana, I Wayan Ari, and A. A. Ketut Ayuningsasi. "Dampak Revitalisasi Pasar Tradisional Terhadap Keberdayaan Pedagang Di Pasar Desa Adat Intaran Sanur." E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana Vol.6, 2017.

Sugiyono. "Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D." Bandung: CV. ALFABETA, 2014.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeks Google Scholar