ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN METODE TEORIYA RESHENIYA IZOBRETATELSKIKH ZADATCH (TRIZ) & QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (STUDI KASUS: POLITEKNIK LP3I MEDAN MEDAN DAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA)

MASNIATI MURNI RITONGA, SUSANTO HALIM OCTAVIANUS, FAHMI SULAIMAN

Sari


Di era global seperti sekarang ini, akan semakin banyak perkembangan yang terjadi di negeri ini. Mulai dari perdagangan bebas, semakin banyaknya berdiri perusahaan-perusahaan asing di indonesia sehingga penggunaan bahasa internasonal seperti bahasa inggris sudah sangat tersebar luas, tentunya untuk para calon entrepreneur dan pencari kerja sudah menjadi suatu keharusan untuk bisa menguasai bahasa inggris agar bisa mengikuti perkembangan jaman di era globalisasi ini. Seperti apa pengaruh besar nya bahasa inggris di dunia internasional? Bahasa inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. bahasa ini merupakan bahasa ibu untuk lebih dari 400 juta orang diseluruh dunia. dalam setiap hari jutaan orang menggunakan bahasa inggris di tempat kerja maupun di kehidupan sosial. Ketika kepala pemerintahan bertemu, Bahasa inggris adalah bahasa yang paling sering digunakan. Dan ketika orang-orang dari bangsa yang berbeda saling bertemu, bahasa inggris adalah satu-satunya bahasa penghubung yang digunakan oleh mereka. Mahasiswa adalah generasi penerus bangsa untuk memajukan kelangsungan hidup Indonesia. Dengan kemampuan berbahasa Internasional seperti bahasa Inggris, maka mahasiswa akan mampu pula untuk meningkatkan kualitas hidup Bangsa Indonesia. Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dimulai dari cara tenaga pendidik untuk mampu mningkatkan dan memperbaiki secara terus menerus pengajaran bahasa Inggris. Upaya peningkatan kualitas pengajaran dinilai sangat penting agar belajar Bahasa Inggris dinilai sangat menyenagkan dan mampu diserap oleh para Mahasiswa. Teoriya Resheniya Izobretatelskikh Zadatch atau TRIZ adalah metode baru yang dikenalkan untuk memecahkan persoalan yang sangat detil termasuk persoalan peningkatan kualitas, dengan 40principles of TRIZ ini diharapkan akan memberikan uulan peningkatan kualitas pengajaran bahasa Inggris. TRIZ akan dikombinasikan dengan Quality Function Deployment (QFD) dengan House Of Quality yang mampu mengetahui prioritas yang harus diperbaiki dan ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas pengajaran berbahasa Inggris.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, Thamrin Dan Tantri, Francis, 2012, Manajemen Pemasaran, Cetakan Pertama, Penerbit PT. Raja Grapindo Persada, Jakarta.

Affandi, Rizki, 2010, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembeli Produk Mie Instan Sedaap Pada Mahasiswa Universitas Sumatera Utara, Medan.

Anwar, Andri, Anis, 2013, Pengaruh Kebijakan Penagihan System Reminding Call Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Pada PT. Telkom Area KTI, Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin, Makasar.

Cohen, L. 1995. Quality Function Deployment : How To Make QFD Work For You. Singapore: Addison-Wesley Publishing Company Desiawan. Victor. 2010. Aplikasi Quality Function Deployment Dengan Mengadopsi Penggabungan Service Quality dan Kano Model Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan Pada Brngkel Resmi ATPM. Tesis. Teknik Industri Universitas Indonesia

Dini, Farah, 2014, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembeli Smartphone Blackberry Pada Mahasiswa Politeknik LP3I Medan, Tugas Akhir Prodi Administrasi Bisnis LP3I, Medan.

Efriza, D., & Idris, I. (2016). PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PERBANKAN DI KOTA MEDAN. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 5(2), 49-53.

Idris, I., Hanum, Z., & Wahyudi, D. (2018). ANALISIS EKUITAS MEREK PONSEL SAMSUNG SEBAGAI USULAN UNTUK MEMBIDIK SEGMENTASI BARU DI KOTA MEDAN. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 4(2), 75-78.

Sangadji, Mamang Dan Sopiah, 2013, Perilaku Konsumen, Cetakan Pertama, Penerbit C.V Andi Offset, Yogyakarta.

Sugiono, 2012, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Cetakan Ke-15, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sulaiman. Fahmi .2012. Aplikasi Quality Function Deployment dan TRIZ Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus : SMP An-Nizam Medan).

Maulidina, M., Yolanda, A., & Sulaiman, F. (2014). APLIKASI QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN JASA BANK SYARIAH MANDIRI MEDAN SIMPANG LIMUN, GAJAH MADA, DAN PETISAH. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 3(2), 42-46.

Medan. Skripsi Supranto, Dan Limakrisan, Nanda, 2011, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Cetakan Kedua, Penerbit Mitra Wacana


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeks Google Scholar