Analisis Pengaruh Parsial Kemasan, Warna, Rasa dan Pengetahuan Gizi terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan pada Siswa SD

ruri aditya sari, Yeni Rachmawati

Sari


Pada era ini, industri makanan berlomba – lomba mengadakan inovasi untuk menciptakan produk makanan baru dengan target konsumen yaitu anak – anak sekolah. Usia Sekolah Dasar (SD) merupakan usia yang mudah untuk dipengaruhi, sehingga perusahaan melakukan berbagai cara untuk menarik perhatian mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kemasan, warna, rasa dan pengetahuan gizi terhadap keputusan pembelian produk makanan bagi siswa SD. sampel dalam penelitian ini adalah siswa SD sebanyak 50 orang yang berusia 8 – 9 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner tertutup dengan 5 skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS ver 18, uji yang dilakukan adalah uji validitas, reliabilitas dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa uji validitas dan reliabilitas diperoleh bahwa instrumen yang digunakan adalah valid (r hitung > r tabel) dan reliabel, yang dilihat dari nilai Cronbach’s Alpha 0,751. Dari uji t diperoleh bahwa, kemasan (t hitung>t tabel, 2,286>1,679) dan pengetahuan gizi (t hitung>t tabel, 22,421>1,679) berpengaruh terhadap keputusan pembelian, pada taraf signifikan 5%. Selanjutnya, rasa dan warna tidak berpengaruh pada keputusan pembelian. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai sumber informasi pengusaha produk makanan dalam melakukan promosi untuk menarik pasar siswa SD.

Kata Kunci


kemasan, rasa, warna, gizi, keputusan pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


K. B. P. O. d. M. R. Indonesia. (2009). Pengawasan Pemasukan Bahan Kemasan Pangan Nomor HK. 00.05.1.55.1621. Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia, Jakarta.

Septiani., R., & Raharjo, B., B. (2017). Pola Konsumsi Fast Food, Aktivitas Fisik dan Faktor Keturunan Terhadap Kejadian Obesitas (Studi Kasus pada Siswa SD Negeri 01 Tonjong Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes). Public Health Perspective Journal,2(3), pp. 262 - 269.

Bruce., A., S., Bruce., J., M., W., R., Black., Lepping., R., J., Cherry, J., B., C., et al. (2014). Branding and a child’s brain: an MRI study of neural responses to logos. Soial Cognitive and Affective Neuroscience, 9, pp. 118 – 122. Doi: 10.1093/scan/nss109

Nirmala, D. 2012. Gizi Anak Sekolah, Jakarta: Kompas.

Larissa, E., A. (2016). Pengaruh Atribut Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Empiris Pada Konsumen Mie ABC Cup di Kota Surakarta), Universitas Muhammadiyah Surakarta, 05 Februari 2016. [Online]. Available: http://eprints.ums.ac.id/40953/1/02.%20NASKAH%20PUBLIKASI%20.pdf. [Diakses 22 Agustus 2018].

Mawaddah, I. (2014). Pengaruh Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Study Empiris Pada Produk Mie Sedap Cup di Kab. Ngawi), Naskah Publikasi FEB UMS.

Kraak. V., I., & Story, M. (2015). Influence of Food Companies’ Brand Mascots and Entertainment Companies’ Cartoon Media Characters on Children’s Diet and Health: A Systematic Review and Researc Needs. Obesity Review, 16, pp. 107 – 126.

Raheem, A., R., Vishnu, P., & Ahmed, A., M. (2014). Impact of Product Packaging on Consumer’s Buying Behavior, European Journal of Scientific Research, 122(2).

Oktriani, A. (2016). Pengaruh Kemasan (Packaging) Produk Makanan dan Minuman terhadap Minat Membeli oleh Konsumen, 13 Juni 2016. [Online]. Available: https://wahyudidavid.blogspot.com/2016/06/pengaruh-kemasan-packaging-produk.html. [Diakses 22 Agustus 2018].

Deliya., M., M., & Parmar, M., B., J. (2012). Role of packaging on Consumer Buying Behavior Patan District, Global Journal of Management and Business Research, 12(10).

Widianti, F. (2012). Analisis Pengaruh Pengetahuan Gizi Siswa SMP Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Jajanan Sekolah di Wilayah Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung”, 2012 [Online]. Available http://repository.upi.edu/9921/2/s_mik_0801137_chapter1.pdf. [Diakses 22 Agustus 2018].


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


pISNN : 2355 - 701X

eISNN : 2540 - 8389

Creative Commons License This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Flag Counter