ANALISIS EFEKTIVITAS SISTEM ANTRIAN ONLINE DALAM MENGURAI KEPADATAN ANTRIAN PASIEN PADA PUSKESMAS SENTOSA BARU

Nuriman Jayatarsa

Sari


Proses antrian dengan sistem single channel multi phase di Puskesmas ,mengalami keterbatasan resource yaitu tenaga kerja, ruang, dan waktu. Sehingga terjadi penumpukan jumlah pasien yang menyebabkan antrian panjang yang mempengaruhi kualitas pelayanan Puskesmas. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem antrian online untuk mengurai dan mengendalikan kepadatan antrian. Kerberhasilannya ditentukan dari analisis efektifitas antara sebelum dan sesudah diterapkannya sistem antrian.online. Pengujian kecukupan data dilakukan untuk mendapatkan kelayakan jumlah data yang digunakan, dan juga dilakukan pengujian pola kedatangan pasien untuk mengetahui pola probabilitasnya. Dari hasil pengujian diperoleh perubahan nilai probalistik ((Po) ̅) sebesar 31,8% , jumlah pasien ((Ls) ̅) sebesar 25,3% , jumlah pasien yang menunggu ((Lq) ̅) sebesar 6,3% , jumlah waktu antrian pasien ((Ws) ̅) sebesar 10,3%. , dan jumlah waktu pasien yang menunggu ((Wq) ̅) sebesar 7,2%. Berdasarkan nilai persentase tersebut, maka pemanfaatan sistem antrian online dalam Puskesmas menjadi solusi tepat untuk mengurai dan mengendalikan kepadatan antrian pasien

Kata Kunci


Queue; Effectiveness; Patient; Service; Probability; Arrival;

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 0 | PDF : 0

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License