EVALUASI PERAWATAN MESIN EGIL DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE DI PT CITATAH TBK KARAWANG

Mochtar Zuliyana, Nanang Burhan, Reza Setiawan

Sari


PT Citatah Tbk merupakan perusahaan dibidang manufaktur yang memproduksi Marmer dan Granit. Proses produksi ketercapaian target didukung oleh mesin-mesin yang bekerja terus menerus sehingga menyebabkan mesin banyak yang mengalami kerusakan saat beroperasi. Berdasarkan data kerusakan pada periode tahun 2020 Mesin Egil merupakan salah satu mesin yang memiliki breakdown tertinggi sehingga penelitian ini terfokus pada komponen mesin Egil. Reliability Centered Maintenance dengan memadukan analisis kualitatif yang meliputi FMEA dan RCM Decision Worksheet digunakan untuk menentukan kegiatan interval perawatan agar keandalan mesin menjadi lebih baik. Berdasarkan pada Failure Mode and Effects Analysis (FMEA), dan nilai RPN didapatkan komponen yang bersifat kritis pada mesin Egil adalah Meja Transfer dengan nilai RPN 128, Daimond Blade dengan nilai RPN 160, V-Belt dengan nilai RPN 120, dan Vacuum dengan nilai RPN 100. Dan kebijakan maintenance pada Biaya perawatan preventive lebih murah dan juga bisa meminimalisir kerusakan yang terjadi. Biaya scheduled restoration task oleh tim Electrical Repair pada komponen Meja Transfer selama 32 hari/tahun Rp. 7.665.600,00 , Diamond Blade selama 26 hari/tahun Rp. 6.505.600,00, dan biaya scheduled discard task oleh tim Mekanik Repair pada komponen V-Belt selama 29 hari/tahun Rp. 6.105.600,00, dan Vacuum rubber 22 hari/jam Rp. 6.905.600,00.

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 0 | PDF : 0

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License