MAINAN ELEKTRONIK GENGGAM EIDO SEBAGAI INOVASI PERANGKAT PEMBELAJARAN MIKROKONTROLER DAN PEMROGRAMAN C

Ahmad Dani Hariawan, Tiffany Br. Lumban Tobing

Sari


Terdapat persepsi yang kuat dikalangan mahasiswa bahwa mata kuliah terkait pemrograman perangkat keras dan mikrokontroler merupakan mata kuliah yang sukar dimengerti. Rendahnya motivasi belajar, metode penyampaian kuliah yang tidak merangsang kreativitas, serta ketiadaan perangkat belajar mandiri menjadi penyebab munculnya keadaan tersebut. EIDO adalah perangkat pembelajaran inovatif berbentuk mainan elektronik genggam (handhel electronic game) yang dapat diprogram ulang berbasis bahasa pemrograman C. Eido dibuat dengan mengintegrasikan mikrokontroler AVR dan program C agar dapat dimanfaatkan oleh penggunanya untuk menciptakan program permainanya sendiri. Tahapan perancangan dalam penelitian mengacu pada tahapan perancangan model pembelajaran Dick and Carey, yaitu analyze-design-develop-implement-evaluate, yang sesuai untuk diterapkan pada lingkungan pendidikan formal, khususnya pendidikan tinggi. Implementasi dan evaluasi diperoleh melalui penerapan algoritma dan pembuatan permainan ‘kelabang’, yang diadapsi dari permainan ualr klasik 2D pada mainan genggam elektronik.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


pISNN : 2355 - 701X

eISNN : 2540 - 8389

Creative Commons License This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Flag Counter