Komentar Pembaca

Mengenal Veronika

oleh a Asd aa (2021-02-23)


Pernahkah Anda mengenal Veronika? Maaf, ini bukan nama temanmu. Tetapi nama yang diberikan untuk Asisten Virtual Telkomsel untuk melayani pelanggannya. Telkomsel menyala lagi dengan kehidupan baru setelah meninggal Suri selama beberapa tahun.

Sebelumnya, Veronica terkenal ketika komunikasi telepon dan SMS masih didominasi. Veronica (respons suara dan perawatan info) adalah mesin penjawab praktisi yang menampung setiap panggilan masuk yang terlewat pada nomor tujuan. Saat itulah, suara khas seorang wanita menyambut pelanggan dan memperkenalkan diri pada nama Veronica.

Sekarang, ketika komunikasi utama menggunakan layanan olahpesan lebih instan, Veronika diubah. Bekerja sama dengan Accenture Technology Company, Telkomsel menyajikan asisten virtual Veronika yang datang 7 x 24 jam sehingga lebih mudah bagi pelanggan untuk berinteraksi langsung melalui platform obrolan sosial.

Saat ini ada tiga platform yang didukung, yaitu AKNI Line, Facebook Messenger, dan Telegram. Operator anak perusahaan Telkom dan Singtel merancangnya sebagai Grapari virtual yang siap menjawab berbagai permintaan informasi tentang produk dan layanan dari pelanggan kapan saja dan di mana saja. Jika didefinisikan, Telkomsel adalah operator seluler pertama di Indonesia yang mengimplementasikan layanan virtual ini.


Menariknya, Veronika adalah solusi layanan pelanggan dalam kanal digital yang menggabungkan sisi kecerdasan buatan, analitik pelanggan, dan interaksi manusia untuk menghasilkan layanan swalayan yang memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, cepat dan tepat.


Ririek Adriansyah, Managing Director Telkomsel, berharap bahwa layanan baru ini meningkatkan pengalaman pelanggan dalam berinteraksi dengan perusahaan. Informasi tentang produk dan layanan dapat ditanggapi lebih cepat dan tepat.

Tanya Veronika Asisten Virtual - "Saat ini pelanggan memiliki mobilitas tinggi dan gaya hidup digital mendorong kami untuk memberikan solusi yang cepat dan tepat untuk kebutuhan layanan yang mereka gunakan. Kehadiran Grapari Virtual Telkomsel untuk grasps pelanggan seperti memberi mereka akses 24 jam untuk mengunjungi Grapari," Ririek kata selama peluncuran di Telkomsel Building Smart Office